oleh

Melihat Potensi Coklat Fermentasi Dari Petani Aceh Tenggara

image_pdfimage_print

Kutacane (Baranews.Aceh) – Pada Senin 12/03/2018 pukul 15.30 WIB,Tim Penyuluhun Perkebunan Kakao dari SwissContact Aceh Sumut menggandeng utusan dari pengusaha pabrik Coklat GUITTARD dari Amerika,California Mr.Jhon Kehoe melakukan kunjungan ke rumah seorang anggota petani SwissContact untuk melihat pengolahan kakao fermentasi di Desa Lawe Desky kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara.

Tim SwissContact melalui saudara Abdul Aziz mengatakan bahwa potensi coklat fermentasi dari petani Kakao di Aceh Tenggara cukup menjanjikan. Melalui fermentasi,harga jual petani Kakao akan lebih menguntungkan. Apalagi kakao di Aceh Tenggara termasuk kategori coklat dengan mutu dan kwalitas yg sangat baik. Melalui pendidikan petani kakao yg selama ini telah dilakukan oleh penyuluh SwissContact,diharapkan agar para petani kakao lebih bisa bereksperimen dalam mengurus kebun kakao dan memiliki pengetahuan lebih dalam pengolahan kakao,demikian imbuh Abdul Azis dari Tim SwissContact.

Petani kakao yang juga peserta SwissContact saudara Roni Depari sebelum menunjukkan kebun kakao miliknya,terlebih dahulu menjamu tamunya dengan seduhan minuman coklat panas hasil dari fermentasi yang telah diolah dengan baik dengan cara manual. Pembuatan minuman coklat itu di praktek kan langsung dihadapan para tamu termasuk Mr Jhon Kehoe,mulai dari biji permentasi,pengovenan hingga penggilingan secara manual menggunakan batu gilingan.

Saudara Roni Depari mengatakan,bahwa mereka para petani kakao sangat berharap agar agar Tim SwissContact dapat membantu para petani mendapatkan peluang usaha melalui fermentasi coklat ini. Tak lupa,saudara Roni Depari mengatakan harapan yg sama kepada Mr Jhon Kehoe.

Kepada jurnalis BaraNews Aceh, petani kakao ini mengatakan harapannya,kiranya nanti bisa mendapat kan alat alat mesin untuk pengolahan kakao fermentasi ini dari Pemda Aceh Tenggara (Nico Depari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed